Prof. Cleopatra Veloutsou Ahli Brand Management dan Penerbit Internasional Jadi Pembicara Seminar di President University

0
226
president.ac.id

CIKARANG, presidentpost.id – President University menjamu salah satu visiting Professor, Cleopatra Veloutsou dalam seminar yang diselenggarakan pada 9-10 Oktober di Kampus President University. Ia memberikan dua seminar: seminar Brand Management    yang diselenggarakan untuk mahasiswa dan seminar dengan topik Penerbitan Jurnal yang diselenggarakan untuk para dosen.

Cleopatra adalah Professor Brand Management di University of Glasgow, Editor Journal of Product and Brand Management, Kepala Unit Riset Marketing di Athens Institute of Education and Research.

Pada seminar pertama, Veloutsou memperkenalkan pentingnya brand management. Konsumen modern cenderung membeli pengalaman dari pada komoditas. Menurutnya, ada tiga komponen dari brand yaitu simbol, produk, dan orang.

“Sebuah brand (merek) adalah identitas perusahaan yang digunakan untuk memperkenalkan dirinya pada publik. Sebuah brand yang baik sebaiknya mudah diingat dan mempunyai arti; ia seharusnya mewakili produknya dan menunjukkan janji kepada konsumen,” jelas Cleopatra.

Pada seminar kedua ia menjelaskan tentang pemahaman mendasar dari sebuah penerbitan akademis. Menurutnya, dari 16 riset yang diajukan oleh peneliti dari Indonesia, hanya satu yang diterima. Alasan dibalik kurangnya paper yang diterima menurut Cleopatra adalah kurangnya wawasan peneliti mengenai metode penulisan jurnal yang dituju.

“Para penulis harus memahami mengapa mereka memilih sebuah topik riset dan tahu dampak riset mereka bagi masyarakat dan bidang akademik.  Sebuah jurnal yang bagus dengan nilai terima yang tinggi diukur dari kutipan yang diambil dan kualitas manuskrip yang dinilai dari originalitas, ketelitian, dan relevansi.

Ketika sebuah riset dikirimkan, seorang editor akan menilai dan memutuskan apakah jurnal tersebut cukup berkualitas untuk dilanjutkan kepada seorang reviewer (peninjau). Process peninjauan relatif lambat, normalnya akan memakan waktu satu setengah bulan sampai empat bulan per putaran. Terdapat tiga sampai empat putaran untuk sebuah pengajuan ke jurnal dimana jurnal terkemuka hanya menerima kurang dari 10% riset yang dikirimkan.

“Penulis haruslah menunjukkan topik riset yang penting dan menarik untuk audiens tertentu yang telah diidentifikasi sebelumnya, baik inti maupun bukan. Anda tidak dapat meneliti sesuatu hanya karena belum ada satupun yang melakukannya, Anda harus menjelaskan mengapa penelitian Anda itu penting dan apa dampaknya,” ungkap Cleopatra.

Cleopatra telah menerbitkan 45 riset dan ia juga aktif sebagai Co-Editor di Journal of Product and Brand Management sejak 2013 dengan lebih dari 300 riset yang diajukan tiap tahunnya. Ia juga seorang  editor tamu dan anggota editorial board yang meninjau dua paper per bulan untuk jurnal. (PU/TPP)