Tamasia, Aplikasi Jual Beli Emas Syariah Pertama di Indonesia Resmi Diluncurkan

0
157

Tamasia, sebuah start up jual beli emas yang dijalankan dengan sistem syariah, melakukan soft launching dan press conference di Jakarta pada Rabu (11/10). Tamasia menawarkan pembelian emas secara online mulai dari 1 gram hingga 1.000 gram dan bisa dibayarkan secara berkala atau diangsur hingga 24 bulan mulai Rp 1.000 per bulan. Selain itu, start up ini juga membuka peluang untuk menjadi reseller dan mereka secara langsung bekerjasama dengan PT Antam.

Sebagai platform digital, Tamasia menyediakan kemudahan dalam bertransaksi melalui aplikasi yang dapat diunduh melalui Android atau iOS.

Co-Founder & CEO Tamasia Muhammad Assad, menjelaskan bahwa emas merupakan investasi yang selalu naik. “Mengapa emas? Kalau kita lihat harga emas dua sampai tiga tahun lalu itu selalu naik. Ini bentuk investasi yang selalu naik. Buktinya harganya selalu meningkat dari tahun ke tahun. Peluang ini yang kami lihat,” ujarnya.

Dalam menyediakan produk emas, Assad mengatakan Tamasia juga bekerjasama dengan PT Antam sehingga fisik emas juga akan dilengkapi sertifikat PT Antam. Dari sisi keamanan, emas yang dibeli juga akan disimpan dan diasuransikan di PT Antam.

Peluang masyarakat yang ingin menjadi reseller emas, dia mengaku, juga bisa didapatkan dari Tamasia. Adapun keuntungannya dilakukan berdasarkan sistem komisi sekitar 20-25 persen tergantung besaran gram emas dan lamanya durasi penjualan yang dilakukan.

Head of Wealth Management Permata Bank Syariah Mery Ariyanti, yang hadir dalam acara tersebut, juga menjelaskan bahwa berinvestasi dalam bentuk emas sangat diajurkan karena emas merupakan investasi jangka panjang yang mampu mengalahkan inflasi.

Manager PT Antam Agung Kusumawardhana, mengungkapkan, “Seperti yang kita ketahui bahwa emas adalah salah satu investasi jangka panjang yang efektif dan cenderung stabil. Melalui Tamasia sejak Juli 2017, kami bisa memperluas jangkauan pasar dan menyediakan kebutuhan pelanggan yang ingin memiliki emas dengan kemudahan teknologi. Kami berharap melalui kerjasama strategis ini memperkuat posisi kami sebagai pemasok emas terbesar di Indonesia.”

Sedangkan, Wagub terpilih DKI Jakarta Sandiaga Uno yang juga hadir dalam acara peluncuran ini, memberikan ucapan selamat kepada Muhammad Asad selaku Co-Founder & CEO Tamasia.

Dalam sambutannya, Sandi berharap generasi muda saat ini terus melakukan startup positif yang lainnya. “Seperti yang kita ketahui investasi emas merupakan investasi yang stabil, karena emas memiliki nilai yang Fundamental atau bersifat mendasar,” ucap Sandi.

“Saya yakin penggabungan investasi dengan aplikasi merupakan suatu kemajuan yang baik dan memudahkan dalam transaksi jual beli emas berkualitas tinggi,” tambahnya.

Acara soft launching Tamasia ini juga dihadiri oleh Wanda Hamidah, presenter yang juga mantan anggota DPR dan Dr. Ilham Habibie, pengusaha nasional sebagai narasumber.