Presiden Jokowi Targetkan Bandara Ahmad Yani Rampung 2018

0
135
presidenri.go.id

SEMARANG, presidentpost.id – Presiden RI Ir H Joko Widodo mendorong pengembangan Bandara Ahmad Yani yang saat ini tengah berjalan, bisa selesai pada pertengahan 2018. Namun, pihaknya memberi toleransi paling lambat seluruh pengerjaan bisa rampung pada akhir 2018.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Joko Widodo menanggapi pertanyaan sejumlah wartawan, di sela-sela kunjungan kerjanya di Kota Semarang, Senin (9/10). Mantan gubernur DKI itu bahkan optimistis, Bandara A Yani bisa selesai tepat waktu karena pihaknya tidak menerima laporan keluhan dalam proses pengerjaan yang dapat menghambat jalannya pembangunan.

“Ya kita terus ingin mempercepat itu dan kita harapkan nanti akhir 2018 selesai. Ini kan ‘runway‘ (landasan pacu) ada, ada tambahan ‘taxi way‘ dan ‘apron ‘depan. Tapi yang penting terminalnya sudah besar. Tahun 2018 nanti kita lihat,” tuturnya didampingi Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP.

Presiden berharap melalui pengembangan Bandara Ahmad Yani akan mampu menampung dan melayani lebih banyak penumpang setiap harinya.

Sementara itu, berdasarkan diskusi pada Rapat Koordinasi Progress Pengembangan Bandara Ahmad Yani di Hotel Puri Garden, Selasa (9/8) lalu,  Project Manajer PT Angkasa Pura I, Toni Alam menyampaikan, pihaknya menargetkan bandara bisa beroperasi pada Maret 2018. Untuk mencapai target tersebut, percepatan terus dilakukan.

Deputi Setwapres Togar Silaban yang saat itu memimpin rapat meminta target yang sudah ditetapkan menjadi pegangan semua pemangku kepentingan. Mulai dari kontraktor, pengawas, project management, PT Angkasa Pura di pusat hingga pemerintah daerah (Provinsi Jawa Tengah dan Kota Semarang). (JATENGPROV/TPP)