Lebih Dari 100 Alumni Indonesia Rayakan Hari Jadi International University of Japan (IUJ) ke-35 di Jakarta

0
179

JAKARTA, presidentpost.id – International University of Japan (IUJ) mengadakan reuni formal para alumni pertama di luar Jepang, di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta, pada hari Sabtu 7 Oktober 2017. Berkolaborasi dengan IUJ Alumni Indonesia (IUJ Lumina), acara reuni alumni IUJ Indonesia ini bertujuan untuk memperkuat kolaborasi antar anggota alumni, dengan dibentuknya Dewan Penasehat Alumni Indonesia.

Memiliki 552 lulusan Indonesia sejak Universitas ini didirikan pada tahun 1982 – yang merupakan jumlah alumni terbesar kedua setelah Jepang sendiri, International University of Japan telah bekerja sama melalui beasiswa dan Linkage Program dengan institusi pemerintah Indonesia seperti Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kementerian Keuangan, serta perguruan tinggi nasional seperti Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Gajah Mada.

Namun, mengingat hanya 3,18% pegawai negeri di Indonesia yang memiliki gelar Master dan hanya 0,21% yang telah mengikuti Program Doktoral (penelitian Bappenas, 2013), ditambah bonus demografi yang dimiliki Indonesia – masih banyak peluang bagi International University of Japan untuk berkontribusi bagi pendidikan para profesional muda dan calon pembuat kebijakan Indonesia.

“Melalui Dewan Penasehat Alumni Indonesi ini, saya berharap dapat memperoleh wawasan praktis bagaimana menyebarkan pesan pendidikan kami kepada orang Indonesia, untuk mengundang lebih banyak siswa ke 7 Program Master dan Doktoral kami. Di sisi lain, Alumni dapat memanfaatkan penelitian dan sumber daya kami untuk keperluan profesional mereka, “kata Gretchen Shinoda, Director of International University of Japan Alumni Relations (Kelas 1989).

Sebagai inisiatif aktualisasi dengan isu global terkini, Alumni IUJ Indonesia juga melakukan diskusi mengenai “Transformasi Sektor Publik dan Swasta dengan menggunakan teknologi blockchain” yang dibawakan oleh alumni yang merupakan pakar industri keuangan dan teknologi finansial, yaitu Hanafi Guciano – Pendiri Aliansi Blockchain Indonesia, Yati Kurniati – Direktur Eksekutif Departemen Statistik Bank Indonesia, dan Naresh Makhijani – Presiden Direktur PT OTI Transformasi Lintas Internasional. Seluruh rangkaian acara ditutup oleh sesi makan malam dan ramah tamah, diawali sambutan dari salah seorang alumni senior IUJ di IndonesiaGary Yusuf, yang sekarang menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Fiji.(PRN/TPP)