Kembangkan Pariwisata, Radio Swara Kendal Gelar Talkshow

0
284
kendalkab.go.id

KENDAL, presidentpost.id – Pariwisata saat ini menjadi salah satu sektor primadona untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Karena itulah daerah saling berlomba mengembangkan pariwisatanya. Topik ini diangkat dalam Talkshow Studio Mini Radio Swara Kendal di Stand Diskominfo Kabupaten Kendal pada malam keempat Kendal Explore 2017 pada Jum’at (29/09).

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Tavip Purnomo SH MM mengatakan, salah satu yang dilakukan untuk mempromosikan pariwisata adalah melakukan kegiatan budaya, seperti kirab budaya dan menggelar event-event kesenian. Pihaknya menggandeng Dewan Kesenian Kendal dalam pengembangan kawasan pariwisata untuk menyajikan kesenian tradisional di objek-objek wisata.

“Kami mengajak grup-grup kesenian tradisional untuk meramaikan tempat-tempat wisata sebagai daya tarik bagi pengunjung wisata,”ujarnya.

Tavip mengatakan, Disporapar juga melakukan pembinaan terhadap kelompok sadar wisata (pokdarwis) agar bisa mengelola objek wisata secara profesional. Bahkan mengajak pokdarwis melakukan studi banding  ke daerah-daerah wisata yang sudah maju. Tujuannya untuk membuka wawasan bagi pokdarwis supaya mengetahui secara langsung  pengelolaan tempat wisata yang sudah maju. “Harapannya agar pokdarwis kreatif, misalnya mengadakan event-event yang diisi hiburan kesenian, sehingga tempat wisatanya akan selalu ramai,”harapnya.

kendalkab.go.id

Ketua Dewan Kesenian Kendal, Kiswanto mengatakan, tugas Dewan Kesenian adalah mengembangkan kesenian tradisional supaya tetap lestari. Dukungan dari pemerintah dan masyarakat sangat diharapkan supaya yang ada digrup-grup kesenian semakin maju. Jika grup-grup kesenian sering diundang atau dilibatkan dalam berbagai kegiatan, maka grup kesenian tersebut akan tetap eksis, bahkan memiliki semangat untuk berkembang. Dikatakan, Dewan Kesenian juga membangkitkan kembali kesenian yang sudah mulai hilang, seperti opak abang, srandul supaya tetap eksis.

“Kami terus bekerjasama dengan Pariwisata untuk menghidupkan kesenian tradisional,”katanya.

Pengurus Pokdarwis Pulau Tiban di Kartikajaya Patebon, Kristin mengatakan, untuk mengembangkan Pulau Tiban, selain melengkapi berbagai fasilitas, juga mengadakan kegiatan-kegiatan yang bisa mengundang pengunjung. “Dalam setiap kegiatan selalu ada hiburannya, seperti musik campursari supaya ramai, banyak yang datang,”katanya.(KENDALKAB/TPP).