Bupati Kendal Hadiri Pembukaan TMMD Reguler ke 100

0
215
kendalkab.go.id

KENDAL, presidentpost.id – Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 100 tahun 2017 Korem 73 Makutarama, yang dilaksanakan oleh Kodim 0715 Kendal, berlokasi di desa Jungsemi Kecamatan Kangkung dan akan berlangsung selama sebulan.

Program TMMD akan mengerjakan pembangunan gorong-gorong, pengecoran jalan, bedah rumah tak layak huni, pembangunan MCK juga poskamling. Disamping itu juga akan dilakukan penyuluhan kepada warga, berupa penyuluhan kesehatan, penyuluhan kesadaran berbangsa dan bernegara, penyuluhan tentang narkoba, juga penyuluhan wawasan kebangsaan.

Kegiatan bernilai 1,3 milyar rupiah ini, upacara pembukaannya dilakukan dilapangan desa setempat oleh Gubernur Jawa Tengah, yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Eddy Djoko Pramono, yang ditandai dengan pemukulan kentongan. Disamping itu juga dilakukan penyerahan peralatan kerja dari Eddy Djoko Pramono kepada perwakilan personil TNI dan Linmas, yang nantinya akan diterjunkan di lokasi TMMD bersama masyarakat, Rabu (27/9).

Upacara pembukaan dihadiri oleh Bupati Kendal Mirna Annisa, Wakil Bupati Masrur Masykur, jajaran Forkopimda, Kasrem 073 Makutarama Letkol Infanteri Sinaga, para pimpinan OPD Pemkab Kendal, Para tokoh agama dan juga tokoh masyarakat desa Jungsemi. Pada kesempatan tersebut juga digelar pasar murah, yang peresmian pembukaannya dilakukan oleh Bupati Mirna Annisa dengan ditandai pemotongan pita.

Tamu undangan dan peserta upacara serta masyarakat, usai upacara pembukaan, disuguhi tampilan seratusan para atlet sepak takraw asal desa Jungsemi, yang menyuguhkan ketrampilannya dalam memainkan bola takraw. Desa Jungsemi memang dikenal sebagai desa pencetak atlet berprestasi , baik prestasi tingkat Nasional, Asean bahkan Asia. Sepak takraw di desa ini sudah cukup memasyarakat. Disamping itu juga disuguhi tampilan barongsai dari Arhanud 15 Semarang.

Suguhan barongsai ini mendapat sambutan antusias dari Bupati Mirna Annisa. Dia membuat barongsai bersemangat. Sebab Bupati Kendal sempat berdiri dari tempat duduknya dan meladeni barongsai yang sempat menghampiri Bupati Mirna. Saat itu pula, Bupati Kendal memberikan angpao kepada barongsai. Dan ternyata dengan lincahnya, sang barongsai dengan sigapnya menangkap angpao yang disodorkan orang nomor satu di Kendal ini.

Usai upacara, Bupati Kendal didampingi Wakil Bupati dan Sekda, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Pemprov Edy Djoko Pramono, Dandim 0715 Hendro Edy Busono, Kapolres Adi Wijaya, Ketua DPRD Prapto Utono, melakukan penanaman pohon di pinggir lapangan setempat.

Camat Kangkung, Sugeng Riyadi mengaku berterima kasih dengan adanya program TMMD di wilayahnya. Karena dengan adanya program TMMD dengan kegiatan fisik dan non fisik ini dianggap akan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat desa Jungsemi.

“Ini nantinya khan akan di lakukan pengecoran jalan sepanjang 1,5 km. Dan jalan ini memanjang dari ujung utara desa sampai pantai laut Jungsemi. Sementara pantai Jung semi ini menjadi andalan masyarakat sebagai destinasi wisata. Dengan demikian, jalan tersebut akan mampu mendongkrak jumlah pengunjung, sehingga diharapkan kedepannya, akan bisa menjadi destinasi wisata desa yang diandalkan,” ungkap Sugeng. (KENDALKAB/TPP)