Bupati Kendal Targetkan 2018 Seluruh Desa Berjamban Sehat

0
212
kendalkab.go.id

KENDAL, presidentpost.idBupati Kendal dr. Mirna Annisa, M.Si menargetkan pada tahun 2018 di Kabupaten Kendal seluruh rumah tangga di 66 desa sudah harus memiliki jamban sehat. Hal tersebut disampaikan Bupati Mirna pada peletakan batu pertama pembangunan MCK Mandiri di Desa Caruban, Kecamatan Ringinarum pada Senin (25/9).

“Ini luar biasa bapak ibu, desa sudah dibantu dibuatkan MCK Mandiri supaya nanti lebih sehat. Harapan saya satu, panjenengan tetep menjaga kebersihannya. jangan sampai sudah dibuatkan tapi tetap buang air besar di tempatb yang tidak layak,” kata Bupati Mirna.

Bupati menyampaikan apresiasi atas tanggungjawab sosial yang diberikan kalangan swasta untuk bhakti pada masyarakat. Bantuan tersebut menurut Bupati Mirna membantu program 1000 Jamban Sehat yang diprogramkan Pemkab Kendal.

Sementara Direktur PT Toto Trentrem Santosa, H. Subhaan berencana membantu Pemkab Kendal,terutama masyarakat Kendal di pedesaan Kabupaten kendal yang kurang mampu untuk memiliki jamban yang sehat guna mendukung pola hidup sehat. Perusahaan yang dipimpinnya berencana membangun 1.340 jamban mandiri untuk seluruh desa di Kabupaten Kendal hingga akhir 2018.

Sementara itu data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan dr. Sri Mulyani,SpA. M.Kes terkait, di Kabupaten Kendal sebelumnya terdapat 58.000 KK yang tidak memiliki jamban sehat, kini tinggal 41.000 yang masih belum berjamban sehat. (KENDALKAB/TPP)