Menpar Terima 2 Penghargaan UNWTO, CEO PATA Indonesia: Ini Bisa Membuat Pariwisata Indonesia Semakin Dikenal Dunia

0
272
Facebook@kemenpar

JAKARTA, presidentpost.id – PATA Indonesia Chapter memberikan apresiasi terhadap Menteri Pariwisata Arief Yahya yang sukses membuat pariwisata Indonesia semakin dikenal di event internasional, termasuk ketika berhasil meraih penghargaan UNWTO.

“Seperti pak Arief Yahya, Menteri Pariwisata sering katakan, tidak ada kemenangan yang direncanakan. Maka, kemenangan ini bisa membuat pariwisata Indonesia semakin dikenal di dunia,” kata President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo kepada patainanews.com di kantornya di Jakarta, Senin (18/9).

Poernomo menyampaikan selamat untuk Menteri Pariwisata Arief Yahya karena sukses membawa pariwisata Indonesia yang berjaya di pentas dunia. Ia optimistis keberhasilan ini bisa memberikan dampak positif terhadap jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (ketiga dari kanan) di PATA Travel Mart 2017 di Makau/Foto: Dok. PATA Indonesia Chapter

Seperti diketahui, video pariwisata negeri ini Wonderful Indonesia: The Journey of a Wonderful World akhirnya juara dunia! Dua kategori diborong dalam kompetisi video pariwisata dunia yang digelar UNWTO, lembaga PBB yang bergerak di bidang pariwisata.

Diumumkan saat 22rd General Assembly UNWTO di Intercontinental Century City Convention Center Hotel, Chengdu, Tiongkok, award itu diterima langsung Menteri Pariwisata Arief Yahya. Pria asli Banyuwangi ini sempat berkaca-kaca, begitu dipanggil untuk kali kedua ke atas mimbar.

Agak lama dia terdiam, tidak banyak berkata-kata yang terucap dari bibirnya. Hanya satu frasa, “Membanggakan!” ucap Arief Yahya singkat sambil memegang bendera Merah Putih. Banyak delegasi dari negara-negara anggota UNWTO yang memberi ucapan selamat.

Tapi bukan itu yang membuatnya terharu. Pertama, Indonesia juara dalam dua kategori langsung. Winner UNWTO Video Competition 2017 Region East Asia and Pacific dan kategori People’s Choice Award 2017. Kedua, ini kali pertama dalam sejarah kompetisi video pariwisata UNWTO.

Hanya Indonesia, satu-satunya negara yang mencatat sejarah sebab mendapatkan juara kedua-duanya. Karenanya ini momentum kemenangan dari 63 negara peserta dan sangat membanggakan. “Ini surprise buat kita! Kami tidak menyangka di kategori ini juara,” kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Jumat (15/9).

Pesaing di Asia Timur dan Pasifik itu, bagus-bagus. Kalau di media sosial, video-video pendek 30 detik yang diviralkan Selandia Baru, Australia, Korea Selatan, dan Jepang itu bagus-bagus. “Video kita sudah lolos dari juri UNWTO yang standar dunia,” kata Arief Yahya.

Ketiga, khusus kategori People’s Choice, yang didapat dari e-voting dari seluruh masyarakat dunia, Indonesia juara! “Terima kasih pada Pak Presiden Jokowi, yang turut mengajak vote melalui akun Facebook-nya. Terima kasih juga pada masyarakat di seluruh dunia yang sudah memilih video Indonesia sehingga juara!,” ucap Menpar Arief Yahya. (PIN/TPP)