KRL ke Cikarang Baru Bisa Digunakan di Oktober, Jababeka Siapkan Shuttle Untuk Karyawan

0
393
Foto: Stasiun Cikarang (GA Jababeka - Giyanto)

JAKARTA, presidentpost.id – Kereta Rel Listrik (KRL) dengan rute Jakarta Kota – Cikarang rencananya beroperasi mulai 17 September 2017, namun karena ada dua stasiun yang belum siap maka diundur hingga bulan Oktober.

“Dari hasil uji coba, Stasiun Tambun dan Stasiun Cikarang belum siap dioperasikan dengan mempertimbangkan aspek keselamatan,” kata juru bicara Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Joice Hutajulu, lewat siaran pers, Sabtu, 16 September 2017.

Joice menjelaskan, tim prasarana sedang merampungkan sejumlah fasilitas penunjang agar stasiun bisa segera digunakan. Fasilitas itu antara lain alat pengeras suara, kamera CCTV, garis keselamatan, papan informasi, serta pengaturan dan pemisahan alur keluar-masuk penumpang. Masalah sterilisasi stasiun juga menjadi salah satu pertimbangan pengoperasian KRL Bekasi–Cikarang ditunda. “Dua stasiun tersebut belum sepenuhya dimodernisasi,” kata Joice.

Menurut Joice, jika semua fasilitas penunjang itu sudah dipenuhi, KRL Bekasi–Cikarang dipastikan dapat dioperasikan. Dia memperkirakan pengoperasian sudah dimulai awal Oktober 2017.
Foto: Stasiun Cikarang (GA Jababeka – Giyanto)
Foto: Stasiun Cikarng (GA Jababeka – Giyanto)
Human Resources Director PT Jababeka Tbk. Reza Widyaprastha dalam keterangannya kepada The President Post menyatakan, “Pengunduran ini memberi kesempatan yang baik buat Jababeka untuk mempersiapkan pelayanan antar-jemput karyawan dari stasiun Cikarang ke dan dari unit-unit bisnis, mengingat jumlah karyawan yang cukup besar dengan lokasi kerja yang menyebar.”
“Tentunya kami mendukung persiapan yang matang dari PT KAI untuk mengutamakan faktor keamanan, keselamatan dan kenyamanan.” tutupnya.

KRL tersebut akan melintasi beberapa stasiun setelah Stasiun Bekasi, antara lain Stasiun Bekasi Timur, Stasiun Tambun, Stasiun Cibitung, dan terakhir Stasiun Cikarang.

Nantinya, perjalanan Jakarta Kota – Cikarang hanya akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Tentunya saat ini dimana ada pembangunan LRT dan juga elevated toll di koridor Cawang hingga Cikampek, maka bila menggunakan mobil perjalanan dari dan ke Cikarang bisa ditempuh dalam waktu 2-3 jam bahkan lebih dalam kondisi macet.

Apabila anda ingin rute yang lebih pendek tentunya anda tidak harus menggunakan stasiun Jakarta Kota, namun bisa via Manggarai atau Bekasi.(TPP)