Jepang Akan Mengunjungi Morotai untuk Relokasi Pabrik Ikan dari Thailand ke Indonesia

0
283
kompas.com

JAKARTA, presidentpost.id – Pemerintah mendorong pemerintah Jepang melakukan investasi dalam bidang perikanan di Indonesia dan mengembangkan enam pulau di luarnya, kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat melakukan pertemuan dengan Penasihat Perdana Menteri Jepang Hiroto Izumi, di Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Kerjasama ini bertujuan untuk memastikan bahwa pengembangan sektor perikanan dan keamanan, termasuk navigasi, di perairan Indonesia akan berjalan seperti yang diharapkan,” katanya di Jakarta, Rabu (6/9).

Keenam pulau tersebut adalah Sabang, Natuna, Morotai, Saumlaki, Moa, dan Biak, tambahnya.

“Saya berharap pemerintah Jepang akan bisa meng-encourage perusahaan-perusahaannya untuk masuk mendirikan pabrik-pabrik pengolahan ikan di Indonesia, maupun mengelola aqua culture di Indonesia. Saya yakin Jepang akan menjadi salah satu faktor strategis kita di bidang perikanan,” kata Susi.

Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan Bramantyo Satyamurti menjelaskan, kini pemerintah Jepang menyadari banyaknya potensi ikan di Indonesia dan sebuah perusahaan perikanan Jepang berencana untuk memindahkan pabriknya dari Thailand ke Indonesia.

Selain itu, lanjut dia, pemerintah Jepang juga melihat berbagai program yang dicanangkan pemerintah Indonesia untuk menjaga keberlanjutan produk perikanan.

“Mereka (pemerintah Jepang) bilang, ‘kenapa kami (Jepang) enggak investasi di Indonesia begitu’,” kata Bramantyo.

Hal tersebut diketahui Bramantyo saat dirinya melakukan kunjungan kerja ke Jepang, pekan lalu. Beberapa perusahaan menyampaikan minatnya untuk berinvestasi membangun pabrik di Indonesia melalui Kementerian Perikanan Jepang.

“Yang jelas mereka akan membangun pabriknya (pengolahan ikan) di sini. Yang penting, investasi di Indonesia semakin bagus, nanti keputusannya B to B (business to business) saja,” kata Bramantyo.

Pada pertemuan Susi dengan Izumi juga dibicarakan mengenai rencana penjualan ikan ke Jepang.

Untuk menindaklanjuti rencana ini, jajaran dari Japan Fisheries Agency akan berkunjung ke Indonesia pekan depan.

Mereka berencana mengunjungi Morotai, salah satu pulau terluar yang akan menjadi proyek kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Jepang untuk dikembangkan sektor perikanannya.

“Mereka (orang Jepang) sukanya tuh ikan tuna, cakalang, mackarel,” kata Bramantyo.

Rencananya, dalam kunjungan Japan Fisheries Agency ke Morotai juga akan membawa pihak lainnya. Seperti perusahaan perikanan, perusahaan mesin untuk kapal, dan lain-lain. (ANT/KPS/TPP)