Perekonomian Banten Akan Meningkat, Pelabuhan Warnasari Beroperasi Tahun 2019

0
387
jpp.go.id

CILEGON – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan dukungan dan apresiasinya atas usaha Pemerintah Kota Cilegon dalam pembangunan Pelabuhan Warnasari. Diharapakan, pelabuhan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi warga Banten.

Demikian disampaikan Menhub Budi Karya Sumadi dalam sambutannya pada acara Groundbreaking Pembangunan Terminal Pelabuhan Warnasari di Kota Cilegon, Banten, Rabu (30/8).

“Seperti kita ketahui, Provinsi Banten mempunyai letak yang strategis dan memiliki potensi-potensi ekonomi yang baik. Dengan dibangunnya Pelabuhan Warnasari akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dari berbagai sektor,” ujarnya.

“Ini (groundbreaking) merupakan momentum awal untuk merealisasikan pembangunan Terminal Warnasari, meskipun masih terdapat beberapa langkah dan tahapan yang harus dipenuhi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” imbuh Menhub Budi.

Untuk itu, Ia berpesan agar PT Pelabuhan Cilegon Mandiri secepatnya memenuhi berbagai prosedur dan ketentuan yang berlaku dalam membangun pelabuhan umum.

“Saya berpesan, setelah pelaksanaan groundbreaking ini, PT Pelabuhan Cilegon Mandiri agar secepatnya memenuhi berbagai prosedur sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Saya juga berharap agar rencana pembangunan Terminal Warnasari ini dilaksanakan secara terintegrasi dengan terminal umum di Pelabuhan Banten,” tutur Menhub Budi.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Cilegon TB Iman Ariyadi menjelaskan tahap pertama pembangunan Pelabuhan Warnasari akan dimulai Februari 2018 dan direncanakan selesai serta beroperasi pada Oktober 2019 dengan biaya tahap awal sebesar Rp1,5 triliun.

“Rencananya tahap pertama pembangunan Pelabuhan Warnasari akan selesai dan beroperasi bulan Oktober 2019. Pelabuhan Warnasari direncanakan untuk melayani kapal dengan kategori kargo curah, yakni curah kering dan curah cair,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pelabuhan Cilegon Mandiri Zamhari Hamid mengatakan bahwa Pelabuhan Warnasari memiliki keunggulan, yaitu lokasi dan akses masuknya yang strategis.

“Pelabuhan Warnasari tepat berada di pusat kawasan industry, sehingga menjadi pilihan utama yang strategis, dekat dan optimal dalam melayani kapal serta bongkar muat barang kebutuhan industri. Sedangkan akses masuk dan keluar sangat strategis, sehingga mempermudah alur masuk dan keluar kendaraan pengangkut muatan dari dan ke kapal,” terangnya.

Sebagai informasi, Terminal Pelabuhan Warnasari merupakan bagian dari Pelabuhan Banten yang rencananya akan di bangun oleh PT Pelabuhan Cilegon Mandiri dan PT Bosowa Bandar Indonesia.

PT Pelabuhan Cilegon Mandiri sendiri adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Cilegon dan didirikan melalui Peraturan Daerah Kota Cilegon No.16 Tahun 2011.