Menginap di ‘Kamar Jokowi’, D’Aloha Resort Morotai

0
326

MOROTAI, presidentpost.id – D’Aloha Resort yang berlokasi di Maluku Utara, Kabupaten Morotai, merupakan salah satu wujud kepahaman PT Jababeka Tbk dengan konsep TTI (Tourism, Trade, and Investment). Jababeka mengerti bahwa sebelum adanya investasi besar-besaran terhadap sebuah daerah, maka dibutuhkan dulu adanya industri pariwisata agar investor bisa melihat dahulu kesiapan daerah tersebut akan beberapa hal.

Morotai pun masuk sebagai 10 ‘Bali baru’ program pemerintah dengan status Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

Jababeka membangun resort diatas tanah seluas 4 hektar dengan jumlah 25 kamar yang berlokasi sangat strategis di desa Juanga, Morotai Selatan tepatnya. Konon lokasi tersebut merupakan tempat pendaratan pasukan sekutu pada Perang Dunia ke 2 (PD II).

D’Aloha Resort pertama kali dibuka untuk publik pada tahun 2013, namun pengerjaannya telah selesai di beberapa bagian pada tahun 2012 karena harus menyambut ‘Sail Morotai’ pada saat itu. D’Aloha juga mengawali pembukaannya dengan hanya 20 karyawan penduduk asli dan 5 orang karyawan yang dibawa dari Jakarta.

D’Aloha juga dilengkapi dengan Tourism Information Center (TIC) sehingga banyak turis yang mampir guna mendapatkan informasi wisata yang lengkap.

Hotel yang berkonsep Cottages tersebut juga menjadi penginapan andalan bagi kunjungan Kenegaraan dari Jakarta.

Pada April 2016 lalu, Presiden Jokowi berkunjung ke Morotai untuk kunjungan dinas. Jababeka pun langsung menyiapkan kamar VIP spesial untuk beliau, namun Presiden Jokowi memilih cottage yang terdiri dari 2 kamar agar bisa bersama keluarganya.

Wartawan The President Post pun berkesempatan untuk menginap dan merasakan ‘Kamar Jokowi’ tersebut, kamar A2 tepatnya. Kamar dengan bentuk yang sederhana namun nyaman tersebut dipilih oleh Presiden Jokowi untuk menjadi tempat peristirahatannya selama di Morotai.

Dengan berbahan kayu baja yang sangat kokoh dan ternyata sejak 2012 belum pernah di cat ulang karena saking awetnya.

Dimulai dari halamannya yang dipayungi oleh pohon yang meneduhkan, rumput yang hijau, serta 2 tempat duduk diberanda yang bisa digunakan untuk menikmati suasana di sekitar. Dilanjutkan dengan ruang tamu yang langsung menyambut anda dengan televisi yang siap menemani waktu santai anda. Cottage tersebut memiliki 2 buah kamar dan 1 kamar mandi. Kamar mandi pun telah dilengkapi dengan air yang sangat bersih dan juga pemanas.

Tampilan ‘Kamar Jokowi’ di D’Aloha Resort Morotai

Ingat! Kamar Pak Jokowi kala itu yang berada di samping kamar mandi menurut pegawai setempat. Pastikan anda menginap di kamar yang itu, kali aja anda ketularan jadi Presiden atau hanya sekedar merasakan apa yang dirasakan Pak Jokowi ketika disana.

Selain kunjungan resmi, D’Aloha Resort juga menjadi basis penginapan daripada diver yang menaruh hatinya pada Kepulauan Morotai.

(Baca juga: ‘Island Hopping’ di Kepulauan Indah dan Bersejarah Morotai)

Hal-hal yang mencemaskan seperti tidak ada sinyal di tempat-tempat terpencil pasti menyelemuti anda saat berkunjung ke daerah Timur Indonesia. Namun anda tidak perlu khawatir, di tempat ini anda akan mendapatkan sinyal 4G dari provider Telkomsel yang tentunya sangat penting untuk segera memposting gambar-gambar anda selama disana.

Pastikan anda memasukan Morotai dalam daftar liburan anda, saat yang paling tepat mengunjungi Morotai pada bulan Januari-Agustus awal.

Anda dapat menempuhnya dengan menggunakan pesawat dengan rute Jakarta-Ternate-Morotai atau Jakarta-Manado-Ternate-Morotai. Mulai dari Garuda, Batik, Sriwijaya dan Lion pun telah tersedia.(Fakhri/TPP)