Pendukung Candi Borobudur, Kemenpar: Rawa Pening Bisa Jadi Wisata Dunia

0
410
dutawisata.co.id

UNGARAN, presidentpost.id – Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Dadang Rizki Ratman mengatakan akan menjadikan wisata danau Rawa Pening sebagai pendukung wisata candi Borobudur.

Menurutnya danau seluas lebih dari 2.000 hektare yang terletak di Kabupaten Semaranga ini juga bisa menjadi destinasi wisata dunia.

“Untuk bisa menjadi destinasi wisata kelas dunia, Danau Rawa Pening harus bisa menyediakan infrastruktur berstandar global. Kemenpar juga sedang mencari benchmarking (pengujian standar) Rawa Pening,” katanya saat menghadiri acara peluncuran iklan terbaru Kuku Bima Energi di Bukit Cinta Brawijaya, Banyubiru, Kabupaten Semarang, Sabtu (5/8).

Untuk menjadikan Rawa Pening sebagai wisata dunia maka diperlukan strategi 3A, yakni atraksi, akses dan amenitas. “Artinya, apa atraksi berkelas dunia yang bisa ditampilkan, bagaimana akses dan kemudahaannya serta fasilitas kelas dunia apa yang tersedia,” sambungnya.

Dia menambahkan banyak contoh dari danau di beberapa negara yang meski hanya memiliki luas yang tidak seberapa, tetapi mampu menjadi wisata dunia. Hal tersebut dikarenakan sejumlah danau di beberapa negara yang mampu menjadi wisata dunia memiliki keindahan, kebersihan, keteraturan serta atraksi yang mampu mendatangkan wisatawan. (TRB/TPP)