ASLI Expo, Perayaan Generasi Lansia

0
627

CIKARANG, presidentpost.id – Asosiasi Senior Living Indonesia (ASLI) bekerja sama dengan popok dewasa  Confidence mengadakan acara ASLI Expo & Senior Festival dengan tema Celebration of Seniors di Senior Living D’Khayangan Cikarang, Jababeka, Sabtu (12/8).

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua ASLI Marlin Marpaung, General Manager RUKUN Senior Living Nindya, Deputi pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman, Presiden Direktur JETRO Daiki Kasugahara, dan dari seluruh asosiasi Jabodetabek. Acara tersebut juga dimeriahkan oleh bintang tamu Laila Sari.

Acara dimulai dengan senam nusantara, dilanjutkan dengan penampilan panggung dari paduan suara dan tari khas daerah Jawa Barat oleh SD Penabur, dan Marching Band SMA Penabur.

Dalam sambutannya Marlin menyebutkan bahwa ASLI merupakan suatu asosiasi tempat berkumpulnya para penyedia layanan Senior Living yang mempunyai kesamaan persepsi untuk mengedukasi dan menginformasikan kepada masyarakat serta meningkatkan standard kelayakan hunian untuk usia lanjut sehingga bisa memenuhi harapan masyarakat pengguna layanan tersebut di seluruh Indonesia.

Beliau mengatakan, “Nah, salah satu media dari informasi atau sosialisasi tersebut adalah ASLI Expo seperti ini yang kita padukan sekaligus dengan Senior Festival.”

Beliau juga memaparkan bahwa ASLI juga sudah memersiapkan datangnya generasi lanjut usia (lansia) dimasa mendatang.

“Seluruh anggota ASLI sudah mempersiapkan datangnya generasi lansia dengan mempersiapkan layanan yang lebih baik dari sebelumnya, kami juga berdiskusi untuk terus meningkatkan pelayanan terhadap para lansia,” ungkap Marlin.

Marlin juga menjelaskan tentang perlunya berkomunikasi dengan instansi pemerintah seperti BKKBN, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pariwisata, dan Kementerian Sosial dalam kaitan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sendiri yang dilakukan oleh para anggota.

Terakhir, beliau mengungkapkan bahwa tujuan kedepan dari ASLI yaitu mencari formulasi standar layanan hunian untuk lansia di Indonesia  yang memang khas Indonesia.

“Yang berbasis pada budaya lokal dan kearifan local baik dalam kegiatannya maupun aktifitasnya juga dengan teknologi dan lingkungan khas Indonesia. Sehingga dimasa depan ASLI punya harapan untuk memilki Senior Living dengan gaya Indonesia,”

Dalam kesempatannya Dadang Rizki Ratman menyatakan dukungan dari Dinas Pariwisata Kemenpar terhadap acara ASLI Expo.

Beliau menjelaskan, “Karena secara tidak langsung adanya senior living ini meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara  (wisman).”

Dadang juga menyebutkan bahwa target berikutnya adalah negara yang terdapat di ASEAN juga wisman dari Australia.

“Mudah-mudahan adanya Senior Living ini menjadi daya tarik bagi wisman diseluruh negara ASEAN.”

Dalam sambutannya Daiki Kasugahara juga menyebutkan bahwa  Indonesia dan Jepang memiliki peluang yang besar untuk bekerja sama.

Beliau mengatakan, “Orang Jepang saat ini sudah banyak yang sudah berusia lanjut, dan pada saat musim dingin orang yang sudah berusia lanjut tentunya tidak suka musim dingin.”

“Indonesia juga memilki sistem sosialisasi yang hangat. Dulu jepang juga mempunyai sistem seperti itu, tapi sekarang sistem itu perlahan menghilang,” ungkap Daiki.

Terakhir, Nindya menyampaikan kesannya selama menginap di Senior Living D’Khayangan. Beliau mengungkapkan bahwa pelayanannya sangat ramah.

“Orangnya baik, ramah, baik sekali dari penyambutan dan pelayanannya,” tutup Nindya. (Fakhri/TPP)