Bupati Kendal Gandeng PT RPI Hijaukan Pulau Tiban dan Kota Kendal

0
290
kendalkab.go.id

KENDAL, presidentpost.id – Pemerintah Kabupaten Kendal sepakat dengan PT Rimba Partikel Industri (RPI) untuk menghijaukan Pulau Tiban dengan membuat hutan, sebuah pulau di pantai Laut Jawa, utara Kabupaten Kendal. Kerjasama tersebut terjalin secara lisan dalam kunjungan Bupati Kendal dr. Mirna Annisa, M.Si beserta pimpinan OPD terkait di PT RPI, Selasa (8/8).

Bupati Mirna sangat menghargai peran PT RPI yang keberadaannya membantu dalam pembangunan di Kabupaten kendal khususnya pada penghijauan dan penyerapan tenaga kerja dari masyarakat Kabupaten Kendal.

Ke depan, Bupati menginginkan peran serta lebih PT RPI sebagai wujud Corporate Social Responsibility (CSR) untuk menghijaukan Kota Kendal dengan tanaman yang sesuai. Selain itu, orang nomor satu di Kabupaten Kendal tersebut mengharapkan PT RPI bisa ikut menanami bantaran sungai dengan tanaman penguat sehingga abrasi dapat dicegah dan dikurangi tentunya berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juwana.

Sementara Vice President PT RPI, Adam MS mengatakan, kerjasama dengan Pemkab Kendal dengan mengadakan penyuluhan kepada masyarakat untuk menanami Pulau Tiban seluas 2 Km persegi. “Kami, PT RPI memiliki pengalaman pernah menghijaukan daerah gersang di Paliyan kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Hasilnya, area yang tadinya gersang menjadi hijau dan membuat habitat baru bagi hewan – hewan langka terutama burung asli Jawa,” katanya.

“Selain itu kita juga punya bibit persemaian di Desa Meteseh Kecamatan Boja. Untuk Pulau Tiban, kita akan teliti jenis tanahnya dulu, sehingga nantinya pohon atau tanaman akan tumbuh lestari dan tidak mati jika tanahnya tidak sesuai untuk jenis pohonnya,” tuturnya.

Kedatangan Bupati Kendal di PT RPI didampingi kepala Badan Lingkungan Hidup Kendal Ir. Sri Purwati, Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Industri Setiyono, SH dan Kepala Dinas Kominfo Drs. Muryono, S.Pi, SH. (kendalkab/TPP)