Bupati Cilacap Meresmikan Pusat Komando Kendali Lanal

0
129
jatengprov.go.id

CILACAP, presidentpost.id – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji meresmikan Pusat Komando Kendali Lanal Cilacap/Puskodalop Lanal, di Dermaga Sleko Cilacap, Jumat (04/08) pagi. Peresmian ditandai dengan pembukaan selubung papan nama Pusdalop dan stimulasi penanganan perompak di laut oleh Team Lanal Cilacap.

Menurut Komandan Lanal Cilacap, Kolonel Laut (P) Agus Prabowo Adi, Pusdalop Lanal Cilacap, berfungsi sebagai sarana SAR dan penanggulangan bencana di Laut serta untuk melakukan penindakan terhadap tindak kriminal di Laut, seperti perompakan.

Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan kondisi yang kondusif di alur pelayaran Cilacap, sehingga kedepan pelayaran dan Pelabuhan Cilacap akan semakin maju, guna mendukung kesejahteraan masyarakat, ujar Danlanal.

Lebih lanjut Danlanal mengemukakan, panjang pantai Cilacap sangat panjang yakni sepanjang 80 km membentang dari Citanduy hingga pantai Logending. Keberadaan Puskodalop diharapkan akan semakin mendukung Kabupaten Cilacap yang berada di pesisir selatan Jawa. Kedepan Cilacap juga akan semakin maju sebagaimana kota metropolitan lainnya yang berada di pesisir pantai.

Terkait dengan Pelabuhan Cilacap, Danlanal menyampaikan, bahwa Pelabuhan Cilacap merupakan pelabuhan satu-satunya yang berada di selatan pulau Jawa. Letaknya sangat strategis menghubungkan Pelabuhan Merak, Banten hingga Banyuwangi.

Jumlah kapal yang keluar masuk masuk Pelabuhan Cilacap mencapai 120 hingga 130 kapal per bulan atau 4 kapal per hari. Kapal-kapal tersebut terdiri dari kapal tangker, kargo dan kapal tongkang. Potensi ini tentunya sangat baik untuk dikembangkan menjadi Pelabuhan yang maju di Selatan Jawa, ujar Danlanal.

Kalau melihat potensi perikanan, menurut Danlanal, potensi perikanan di Cilacap sangat baik, dengan hasil perikanan laut mencapai 865 ribu ton lebih per tahun. Hal ini sangat mendukung bagi dikembangkannya perikanan laut.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam kesempatan tersebut menyampaikan, keberadaan Puskodalops dengan berbagai sarana dan prasarana yang dimiliki akan mampu memberikan sumbangan yang besar bagi peningkatan pengendalian dan operasi, khususnya berkaitan dengan penanggulangan bencana di perairan Kabupaten Cilacap.

Keberadaan Puskodalops ini merupakan upaya pengendalian komando dan operasi kemanan dan penanggulangan bencana di laut akan semakin meningkat. Karena dengan adanya Puskodalpos yang baik maka diharapkan arus informasi dan komunikasi menjadi lebih baik dan lebih cepat, sehingga dapat diambil kebijakan yang tepat dalam setiap penanganan kejadian dan bencana, ujar Bupati.

Menurut Bupati, harus kita disadari, bahwa kendala yang sering dihadapi dalam penanganan darurat antara lain komunikasi yang tidak lancar akibat terputusnya hubungan komunikasi terutama untuk daerah-daerah terpencil.

Untuk itu, lanjut Bupati, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi serta kerjasama yang baik antar Pusat Pengendalian dan Operasional yang beroperasi penuh 24 jam, maka kinerja penanganan kedaruratan dapat ditingkatkan. (jatengprov/TPP)