Kemlu Dorong Masyarakat Riau Ambil Manfaat Dari Kerja Sama ASEAN

0
183

Tanjungpinang – “Kami memandang penting kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri untuk mendorong masyarakat Provinsi Kepulauan Riau memperoleh lebih banyak manfaat dari kerja sama ASEAN,” ungkap Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc., dalam kegiatan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN (Ditjen KSA) Kemlu dengan UMRAH tentang Kerja Sama Bidang Pendidikan, Penelitian/Pengkajian ilmiah dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kampus UMRAH, Tanjungpinang (15/6).

Rektor menekankan bahwa dalam perspektif kerja sama ASEAN, Provinsi Kepulauan Riau sangat strategis karena berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura. Oleh karena itu, Kepulauan Riau memiliki laboratorium alami yang kaya akan data, fakta, dan peristiwa yang bersinggungan langsung dengan negara-negara anggota ASEAN lainnya.

Dalam acara tersebut, Ditjen KSA juga melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman serupa dengan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Raja Haji. Salah satu ruang lingkup kerja sama dalam Nota Kesepahaman tersebut adalah pembentukan Pusat Studi ASEAN (PSA) sebagai lembaga yang melakukan riset, konsultasi, dan publikasi, untuk mempromosikan kerja sama ASEAN kepada para pemangku kepentingan secara luas. Ketua STISIPOL Raja Haji, Endri Sanopaka, S.Sos., MPM menyampaikan bahwa karena kekhususan Kepulauan Riau yang berbatasan langsung dengan negara anggota ASEAN lainnya, PSA di Tanjungpinang akan difokuskan pada langkah-langkah dalam menyikapi berbagai perkembangan yang ada di perbatasan.

Mengacu pada kekhususan itu, Sesditjen Kerja Sama ASEAN berharap PSA UMRAH dan PSA STISIPOL dapat berkontribusi dalam memasyarakatkan ASEAN di Provinsi Kepulauan Riau. Selanjutnya, Ketua Program Studi Hubungan internasional UMRAH, Sayed Fauzan Riyadi, S.Sos., I.Mas menyampaikan paparan yang antara lain menekankan standar-standar yang harus dipenuhi oleh negara-negara anggota ASEAN, serta aspirasi UMRAH sebagai universitas maritim yang wajib berpartisipasi aktif dalam melaksanakan diplomasi kemaritiman. Selain menggandeng kedua perguruan tinggi tersebut, Kemlu juga melakukan kunjungan ke Redaksi Tanjungpinang Pos untuk dapat menjangkau lebih banyak masyarakat kepulauan Riau.