Wisata Astronomi di Tanjung Lesung: Spot Lihat Sunrise, Sunset, Bulan dan Planet

0
11362

PANDEGLANG, presidentpost.id – Tim LAPAN yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung, berhasil melihat kemunculan hilal walaupun pengamatan sempat terganggu awan, Jumat (26/5).

“Pengamatan sempat terganggu awan, jika tanpa bantuan teleskop, hilal tidak terlihat tapi dengan instrumen yg kami pakai, hilal bisa terlihat,” ujar Muhamad Zamzam Nurzaman dari Pusat Sains Antariksa LAPAN kepada presidentpost.id.

“Kami menggunakan instrumen: teleskop merk Takahashi, kamera ZWO dan IR bandfilter untuk melihat hilal tersebut,” tambahnya.

Proses pengamatan hilal tersebut dilaksanakan di Tanjung Lesung Beach Hotel, disaksikan oleh puluhan tamu hotel dari kejauhan sembari menikmati sunset.

Denny seorang tamu hotel dan juga fotografer profesional, juga turut berada di lokasi untuk melihat langsung proses pengamatan hilal. “Karena awannya cepat, hilal terlihat sangat tipis sekali tidak sampai 5 menit,” ujarnya.

Tanjung Lesung memang menjadi salah satu tujuan Denny untuk wisata astronomi, “Saya pakai Canon 1DX Mark II lensa 600 mm. Tanjung Lesung cocok untuk wisata astronomi, karena langit masih sedikit tercemar cahaya. Juga dari satu tempat bisa dapat sunrise dan sunset serta bulan bisa dilihat dengan jelas.”

“Beberapa planet bisa dilihat juga dan milkyway cukup jelas, rencananya malam ini akan foto objek tersebut semoga cuaca semakin cerah,” jelasnya.

Sementara itu Sajab, salah satu masyarakat yang turut serta menyaksikan proses hilal tersebut menyampaikan, “Lumayan mengesankan, karena ini pengalaman pertama kali liat hilal. Lihat hilal susah ternyata, karena sangat tipis sekali garis lingkaran awal bulan. Kita standby dari jam 16.00, baru bisa keliatan jam 17.49.”

“Ini sangat luar biasa, semoga tahun yang akan datang bisa melihat kembali di tanjung lesung,” ujarnya.

Ketua PHRI BPC Pandeglang, Widi Widiasmanto yang juga General Manager untuk Hotel dan Villa di Tanjung Lesung menyambut baik acara tersebut, “Acara ini sangat baik untuk promosi KEK Tanjung Lesung, kedepannya kami akan menyiapkan layar besar agar para tamu hotel bisa melihat dengan jelas dari kejauhan.”

“Tamu hotel juga bisa menikmati keindahan sunset dan Gunung Krakatau di tempat yang sama, sebagai salah satu keunggulan kami,” tutupnya.(Rachmat/TPP)