Kelola Potensi Desa, Perlu Kreatifitas Dan Inovasi

0
409

KENDAL – Potensi Desa dengan adanya Dana Desa perlu dikelola dengan baik dengan penyerapan dana yang bisa dipertanggungjawabkan. Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Kendal Drs. Masrur Masykur, Rabu (10/5) pada peresmian Unit Usaha BUMDes Desa Karangtengah Kecamatan Kaliwungu “Pujasera Mbah Guru” di jalan Raya Kaliwungu.

Penyerapan anggaran terkait dengan pengelolaan oleh Sumber Daya Manusia yang kreatif dan Inovatif dalam mewujudkan dana yang diberikan dengan berbagai kegiatan ataupun pembangunan secara fisik. Salah satu yang bisa dilakukan seperti dilakukan oleh BUMDes Desa Karangtengah adalah menjalankan usaha pusat jajanan atau rumah makan yang pelaku usaha merupakan anggota PKK dan BUMDes. Sementara bahan baku mudah diperoleh di sekitar di Kabupaten Kendal.

Wabup Masrur memuji adanya kreatifitas yang dilakukan oleh BUMDes Desa Karangtengah dan berharap supaya usaha tersebut terus berjalan dengan baik dengan pengeloaan yang baik serta promosi untuk mengenalkan usaha yang dilakukan kepada masyarakat.

Usaha yang dilakukan tersebut, lanjut Masrur mermeruapak salah satu bentuk enterpreunership atau kewirausahaan yang di masa sekarang harus ada di tiap desa khususnya di wilayah Kabupaten Kendal. Selain itu Wabup juga mengingatkan, usaha yang dijalankan merupakan embrio bagi kegiatan bisnis dan pembinaan SDM secara langsung dengan berpraktik menjalankan usaha.

Sementara Camat Kaliwungu Drs. Dwi mengatakan, adanya unit kegiatan usaha pujasera merupakan upaya pemberdayaan masyarakat sekitar sehingga mempunyai kegiatan yang dapat meningkatkan taraf ekonomi warga Desa Karangtengah. Kegiatan tersebut bisa menjadi upaya mewujudkan program One Village One Product. Dengan usaha yang dilakukan menurut Dwi, masyarakat tidak lagi berada dalam zona nyaman namun terus aktif berkreasi. Masyarakat tergugah dan akhirnya berubah tingkat kesejahteraannya karena mau berusaha dan bekerja.

Kepala Desa Karang Tengah, Ahmad mengatakan, pendirian unit usaha oleh BUMDes setempat merupakan salah satu program dari desa yang dipimpinnya untuk lebih menggairahkan wisata kuliner Kaliwungu dan mendukung wisata religi. ( kendalkab )