Gubernur Aher Berikan Penghargaan CSR Kepada 16 Perusahaan di Kawasan Industri Jababeka

0
727

Bandung, presidentpost.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) mengadakan acara “Peresmian Bersama Proyek-proyek CSR Jabar” di Intercontinental Hotel, Dago Bandung, Selasa (14/3). Pada acara tersebut, hadir Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

Acara persemian CSR Jabar tahun 2016 merupakan acara yang ke-6 kalinya diadakan oleh Pemprov Jabar, dimana pada perhelatan kali ini diikuti oleh 102 perusahaan yang sekaligus menerima penghargaan dari Aher.

Menariknya ada 16 perusahaan penerima penghargaan tersebut yang berlokasi di Kawasan Industri Jababeka, seperti PT Dexa Medica Groups, PT Mane Indonesia, PT Mattel Indonesia, PT Loreal Manufacturing Indonesia, PT Nippon Indosari Corpindo Tbk, PT Menara Terus Maju, PT Conwood Indonesia, PT Komatsu Undercarriage Indonesia, PT MMC Metal Fabrication, PT T.RAD Indonesia, PT Supernova Flexible Packaging, PT Showa Indonesia MFG, PT Air Products Indonesia, PT Katsushiro Indonesia, PT Nippon Steel and Sumikin Materials Indonesia dan PT Bekasi Power.

Selain 16 perusahaan tersebut, ada juga nama PT Jababeka Tbk selaku pengelola Kawasan Industri Jababeka yang turut berpartisipasi melalui booth dalam acara tersebut dengan menggandeng para tenantnya.

Aher dalam pidatonya mengatakan, “Selama 5 tahun ini, telah tercatat ada 100 perusahaan dengan dana CSR dengan total Rp1,1 Triliun.”

Menurut dia, saat ini jumlah perusahaan di Jawa Barat sebanyak 6.052 perusahaan yang masuk dalam kawasan industri dan 24 golongan industri yang masuk dalam nonkawasan industri. Sedangkan jumlah perusahaan mitra CSR Jawa Barat sebanyak 127 perusahaan mitra CSR yang terdiri dari 3 perusahaan BUMD, 40 perusahaan BUMN, dan 88 perusahaan swasta.

“Acara ini diadakan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada perusahaan yang telah berkontribusi dan berhasil menjalankan program kegiatan CSR dan telah bersinergi dengan program-program pemerintah,” jelas Aher.

Aher menyebutkan paling banyak proyek CSR disalurkan ke pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan pembangunan ekonomi. Bantuan ini dirasa sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Selama 2016, tercatat 117 proyek CSR berbasis Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Acara peresmian tersebut dibarangi dengan penandatangan 117 prasasti yang memecahkan Rekor MURI sebagai penandatangan prasasti terbanyak secara serentak.

Sementara itu General Manager PT Jababeka Infrastruktur, Kukuh Sulaksono dalam wawancaranya menyatakan rasa terima kasihnya kepada para tenant yang berada di kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

“Kami menyatakan rasa terima kasih kepada para tenant yang telah ikut program CSR bersama Jababeka, dan kami berharap kedepannya semakin banyak tenant kita dan pemda setempat yang dapat melaksanakan program CSR bersama,” ujarnya.

“Tentunya program tersebut akan sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar Kawasan Industri Jababeka dan Kabupaten Bekasi melalui konsep Jabat Ekonomi, Jabat Sehat dan Jabat Sosial,” tutupnya.

Pada acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Walikota Sukabumi, Wakil Bupati Majalengka, Wakil Walikota Banjar, Wakil Bupati Garut, Kepala Bappeda Jawa Barat, perwakilan Bupati dan Walikota se-Jawa Barat.

Sedangkan perusahaan yang mendapat penghargaan pada acara tersebut antara lain, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT Telkomsel, PT Pos Indonesia, PT Lippo Cikarang, PT Bekasi Fajar, PT Astra International Tbk, Coca-cola Amatil Indonesia, PT Jasa Marga Tbk dan lain-lain.