Maimilu.com, Geliat Bisnis Startup Digital Dalam Penyelenggaraan Acara di Indonesia

0
352

JAKARTA, presidentpost.id – Teknologi sudah merambah ke berbagai segi kehidupan dari aktivitas kantor hingga pekerjaan rumah. Pun tidak terkecuali dalam hal penyelenggaraan acara. Di jaman yang serba menuntut percepatan segala aktivitas, membuat penyelenggara acara tertantang untuk menyediakan platform berbasis teknologi yang memfasilitasi sistem dalam bisnis acara. Menjawab tantangan tersebut, saat ini, beberapa aplikasi digital untuk penyelenggara acara bermunculan di Indonesia. Salah satunya adalah Maimilu.com.

Aplikasi untuk bisnis acara besutan tiga anak muda yang diantaranya adalah Komang Wiswakarma, Dika Soul Seva dan Alvin Benito Chaniago ini telah didirikan pada tahun 2015. Aplikasi ini muncul sebagai salah satu platform digital yang mempermudah penjualan dan manajemen tiket acara.

“Kami adalah platform pertama yang menerapkan tipe platform User Generated Content dengan menggunakan pembayaran dengan mata uang Rupiah serta kami saat ini menjadi salah satu platform rujukan untuk penjualan  dan manajemen tiket acara di Indonesia” ujar Komang, salah satu co-founder Maimilu. Setali tiga uang dengan pernyataan tersebut, pada tahun 2017, Maimilu dalam proses untuk menyiapkan 100 penyelenggara acara untuk bergabung serta mengintegrasikan lebih dari 300 acara untuk menggunakan platform digital Maimilu.

Saat ini, Maimilu bukanlah satu-satunya pemain digital dalam event marketplace di dunia. Pemain besar seperti Eventbrite.com dicatat muncul sejak tahun 2006 dan sudah melayani berbagai macam acara. Menanggapi persaingan langsung dengan Eventbrite.com, Maimilu.com sudah menyiapkan berbagai ‘amunisi’ ampuh dan unik dalam platform mereka. “Persaingan adalah hal yang pasti, jadi kami sudah menyiapkan berbagai macam fitur unik yang sangat membantu berbagai macam penyelenggaraan acara. Kami ingin membuktikan bahwa produk buatan lokal dapat diterima dengan baik di negaranya sendiri”, papar Komang.

Konsep model bisnis dari Maimilu pun tergolong cukup sederhana, yaitu dari per penjualan tiket acara. Konsep ini menjadi menarik karena penyelenggara acara tidak dibebankan biaya apapun.

Ditambah berbagai keuntungan yang didapat oleh penyelenggara acara membuat platform ini semakin menarik. Penyelenggara acara tidak hanya dimanjakan dengan penjualan tiket yang mudah, namun juga ditambah dengan analisa serta promosi acara.

Untuk melakukan analisa acara, Maimilu menyiapkan fitur bernama ‘Event Analytics’ yang diantaranya adalah ‘Page Analytics’, ‘Transaction Analytics’ serta ‘Attendee Analytics’. Para penyelenggara acara pun dapat mendaftar sebagai akun Verified Organizers dan Premium Organizers. Untuk menjadi akun dengan tipe tersebut dibutuhkan beberapa verifikasi diantaranya adalah dari sisi legalitas penyelenggara acara tersebut. Ini menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung acara dalam membeli tiket di penyelenggara acara tertentu di Maimilu.

Fitur Promosi Acara pun digadang-gadang menjadi salah satu fitur ampuh untuk Penyelenggara Acara dalam mempromosikan acara mereka. “Kami menyadari aspek pemasaran acara menjadi aspek yang sangat penting untuk setiap penyelenggara acara dalam penjualan tiket mereka oleh karena itu kami menyiapkan peliputan acara serta menyiapkan review terkait acara tersebut dan kami rilis ke beberapa aplikasi partner kami.” ujar Komang.

Di tengah-tengah geliat pertumbuhan berbagai macam acara di Indonesia, Maimilu menjadi salah satu platform alternatif dengan konsep yang unik dan komprehensif untuk penyelenggara acara dalam melakukan manajemen penjualan tiket. Di sisi lain, Maimilu dapat menjadi platform yang mumpuni untuk pengunjung acara dalam pembelian tiket acara favorit mereka.