Fuschia, OS Open Source Terbaru dari Google

0
23331
Fuschia

Google saat ini sedang membuat Operating System baru yang dinamakan Fuchsia. Fuchsia, OS open source ini ditujukan untuk mendukung perangkat Internet of Things (IoT). OS ini support terhadap grafis canggih dan juga PC berbasis Intel 64-bit serta ARM.

Fuchsia disebut bisa digunakan oleh perangkat mobile dengan layar kecil hingga personal computer seperti laptop dan desktop. Kunci kemampuan Fuchsia tersebut karena adanya Kernel Magenta. Kernel ini disebut cocok untuk dijalankan di perangkat dengan kemampuan proses rendah, karena kernel tidak akan membebani sistem, yang membuat performa terhambat. Namun, kernel itu juga memiliki skalabilitas yang baik, sehingga memungkinkan penggunaan di laptop atau desktop.

Untuk pemograman, Google menggunakan Dart, sebagai “bahasa utama” di Fuchsia. Sementara, user interface dari Fuchsia disebut menggunakan framework Flutter, dengan dukungan untuk Material Design. Selain kedua komponen “milik” mereka itu, Google disebut juga menambahkan dukungan untuk OpenGL dan Vulkan di bawah renderer Escher.(awp)