Teknologi 5G Sudah Diuji Coba, Akan Hadir di 2017

0
32891
Teknologi 5G

ThePresidentPostIndonesia.com – MWC 2016 Barcelona tidak hanya menjadi tempat produsen smartphone untuk memamerkan gadget terbaru, tetapi juga tempat perusahaan telekomunikasi menyampaikan hasil penelitian mereka soal internet. Contohnya Verizon dengan teknologi 5G mereka. Verizon menempatkan sebuah informasi pada ajang MWC dan sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan untuk menguji kecepatan dari teknologi 5G. Verizon menyatakan bahwa teknologi ini dapat dibawa untuk para pelanggan. Beberapa tahun terakhir, Verizon telah menjalin kerja sama dengan banyak raksasa teknologi misalnya Apple, Intel, Samsung, Nokia, Qualcomm, dan Ericsson untuk melahirkan akses internet 5G bagi publik.

Verizon juga sudah menggandeng beberapa perusahaan teknologi komunikasi nirkabel di Asia. Jika berhasil, Verizon akan menjadi operator pertama yang mampu menghadirkan 5G langsung ke konsumen. Teknologi 5G yang dikembangkan oleh Verizon ini diperkirakan mampu mengirimkan data dengan kecepatan kilat, sekitar 1000 kali lebih cepat dari 4G LTE. Saking cepatnya, 5G bisa dipakai untuk mengirimkan data dari jam tangan pintar (smartwatch) ke mobil yang sudah terkoneksi internet.

Akan tetapi, impian Verizon itu tidak bisa dilakukan dengan mudah. Sebab, pihaknya harus membangun teknologi penerima sinyal smartphone yang bisa mendukung kecepatan 5G. Verizon berencana untuk memperluas pengujian ini secara signifikan selama beberapa bulan kedepan, dan bekerja sama dengan perusahaan nirkabel besar lainnya di Asia untuk membantu dalam mencapai tujuan peluncuran 5G pada tahun 2017.(awp)