SDM Berkualitas, Kunci Indonesia Menjadi Negara Maju

0
398

Foto OL 38

Pada tahun 2045, Indonesia diharapkan dapat menjadi negara maju serta mencapai tatanan baru yang damai, sejahtera dan harmonis. SDM yang berkualitas merupakan faktor kunci untuk mencapai taraf yang lebih tinggi tersebut. Untuk itu, pemerintah senantiasa berupaya keras memberikan program-program yang mendukung peningkatan kualitas SDM.

Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro menyatakan bahwa melalui dana dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), yang bersumber dari 4 Kementerian, menjadi implementasi komitmen pemerintah tersebut. Ia berharap bahwa LPDP dapat tumbuh menjadi institusi yang lebih baik lagi. “Dengan tetap memberikan perhatian penuh terhadap pemerataan penerimaan beasiswa, optimalisasi sektor/bidang strategis yang dibutuhkan negara, optimalisasi peran alumni penerima beasiswa, penciptaan hasil karya riset yang inovatif dan produktif,” katanya saat membuka Forum Bakohumas di Aula Djuanda, Kementerian Keuangan pada Kamis (30/07).

Oleh karena itu, ia berharap, akan lahir pemimpin dan ilmuwan yang berkualitas untuk menghadapi tantangan bangsa yang lebih kompleks. “Karena sosok pemimpin dan ilmuwan yang dibutuhkan saat ini tidak hanya dilihat dari aspek knowledge atau skill semata, tetapi juga sosok yang memiliki attitude baik dan dapat dipertanggungjawabkan,” tambahnya.

Ke depannya, ia juga menyampaikan harapan bahwa para pemangku kepentingan lpdp dapat terus berkomitmen mengawal program-program yang dilaksanakan LPDP. “Dari sini harus memunculkan pemimpin-pemimpin dan professional-professional baru dalam menyongsong momentum 100 tahun Indonesia tahun 2045,” pungkasnya.