Layanan Satu Atap di Cikarang Dry Port

0
1043

 president post - Cikarang Dry PortPadatnya Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, membuat keberadaan pelabuhan barang lainnya sangat diperlukan. Salah satu kompleks pelabuhan barang yang menjadi “pembagi bola” sekaligus pusat layanan terpadu adalah Cikarang Dry Port (CDP).

Mulai beroprasi 4 tahun lalu, CDP berhasil membuktikan dirinya sebagai solusi baru logistik dengan mengusung konsep dry cargo dan layanan satu atap kepelabuhanan untuk penanganan kargo.

Dengan layanan satu atap ini proses dokumentasi dan pemeriksaan terkait bea cukai serta karantina hewan dan tumbuhan dapat diselesaikan di sini. Didukung dengan INSW, layanan dan fasilitas yang terpadu ini akan memberi kemudahan, kepastian pelayanan, dan meningkatkan produktivitas.

Selain menggunakan fasilitas terminal untuk dry cargo, fasilitas freezer container (peti kemas berpendingin), dan pemeriksaan jalur merah sudah dapat dilayani di dalam terminal Cikarang Dry Port dengan tarif yang transparan.

Lahan CDP seluas 200 hektare mudah diakses menggunakan jalan raya dan kereta api. CDP sendiri dekat dengan pintu tol Cibatu dan Cikarang Barat dan terletak dekat stasiun KA Lemah Abang, Cikarang, memungkinkan ia diakses dengan truk maupun KA.

Angkutan berbasis KA sudah beroperasi dari Cikarang Dry Port ke Surabaya dan sebaliknya. Layanan ini disiapkan oleh Jakalogistics, sebuah kerja sama operasi antara PT Jababeka Infrastruktur dan PT Kereta Api Logistik. Sejak Juli 2012, kereta api barang ini sudah dapat digunakan sebagai saluran distribusi domestikdengan jadwal kedatangan dan keberangkatan harian yang tetap.

Adanya kereta api itu membuat waktu tempuh pengiriman barang ke timur Pulau Jawa, utamanya, bisa lebih cepat. Selain itu, adanya jalur kereta api untuk angkutan kontainer jelas akan mengurai tingkat kepadatan lalu lintas, terutama di jalur Tanjung Priuk menuju CDP. Atas prestasinya ini Cikarang Dry Port mendapatkan penghargaan Asia Logistics Centre/Park of the Year  pada ajang Supply Chain Asia Award 2014.