Properti Masih Menjadi Salah Satu Investasi Paling Menguntungkan

0
9934

president-post---properti

Properti masih menjadi salah satu jenis investasi paling menguntungkan. Kenaikan harga properti di Indonesia mencapai 10 persen hingga 20 persen tiap tahun.

Pengamat properti dari Indonesia Property Watch, Ali Trangghanda, mengatakan Indonesia menjadi tempat investasi properti paling menguntungkan. Dibanding negara lain, harga properti di Indonesia sebenarnya masih terbilang rendah. Namun angka kenaikannya sangat tinggi dan signifikan. Bahkan untuk soal kenaikan harga, Indonesia menduduki peringkat pertama dengan kenaikan harga properti paling tinggi di dunia.

“Kenaikan properti di Indonesia bisa mencapai 30 persen lebih. Harganya naik terus, hampir tidak pernah terjadi penurunan. Meskipun turun itu belum menjadi momok yang signifikan. Jadi untuk jangka panjang investasi properti memang yang paling menguntungkan,” jelas Ali.

Dibanding dengan investasi lain, properti dinilai lebih aman. Misalnya emas sering mengalami penurunan harga dan naiknya tidak terlalu tinggi. Begitu juga dengan investasi dalam bentuk lain misalnya waralaba. Itu risikonya sangat besar. Apalagi waralaba di Indonesia belum begitu berkembang.

Lebih Untung Rumah Atau Apartemen?

Ali mengatakan baik rumah ataupun apartemen keduanya bagus untuk dijadikan investasi jangka panjang. Yang terpenting, saran Ali, harus membeli di lokasi tepat. Jika lokasinya tidak tepat, maka keuntungannya juga kecil. Tapi jelas tidak akan rugi.

“Kalau rumah itu kan keuntungannya dari capital gain, sedangkan apartemen itu dari harga sewa. Jadi beli rumah di lokasi yang berkembang pesat. Kalau apartemen yang lokasi memang banyak pasar penyewanya,” begitu saran Ali.

Peminat investasi properti, berdasarkan pengamatan Ali, di Indonesia makin bertambah. Untuk kalangan menengah atas memang sudah lama bermain investasi di properti. Yang menarik adalah para peminat properti bertambah dari kalangan menengah. Hal ini disebabkan kondisi daya beli masyarakat menengah makin kuat. Ditambah lagi kesadaran terhadap keuntungan berinvestasi di bidang properti makin tinggi di kalangan menengah.