President University Wakili Tarian Indonesia di Turki

0
571

 

President University ditunjuk oleh Kementerian Dalam Negeri untuk mewakili Indonesia di ajang International Saray Spring and Cultural Festival 2014 di Turki. Sebanyak 14 mahasiswi yang dikirim ke ajang bergengsi ini dari 10 Juni-16 Juni melakukan beberapa tarian Indonesia dan pertunjukan live bersama dengan penari internasional lainnya yang berasal dari Turki, Makedonia, Pakistan, Siprus, Kyrgyzstan, dan Thailand. Secara keseluruhan, terdapat 168 penari internasional yang berpartisipasi dalam ajang tersebut.

Keempatbelas mahasiswi tersebut anta lain adalah Steffany Tehae (BA ’12), Fildza Aryatami (BA ’12), Crissy Paramita Aisahana Airifin (IE ’12), Vivian (BA ’12), Meithy Puspita Sari (IR ’12), Asih Mahnolia (BA ’12), Sanchia Yanita Prastya (PR ’12), Alfita Intan Putri PD (IE ’12), Adhe Fitria Firdaus (MGT ’13), Shabrina Ulfah (MGT ’13), Tifany Azza Chairunnisa (IR ’13), Putri Ayu Ningrum Gumay (IR ’13), Griselda Ellora (MGT ’13), dan Yanina Nurrachma (IR ’12).

International Saray Spring and Cultural Festival adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh CIOFF dan Saray Municipality. Acara ini diselenggarakan di Saray, 2 jam dari Istanbul, dan telah diikuti oleh 53 negara. International Saray Spring and Cultural Festival ini adalah festival ke-9 yang pernah dilakukan di kabupaten tersebut.

Mahasiswi-mahasiswi dari President University tersebut ditemani dengan Jhanghiz Syahrivar, Direktur Kantor Internasional President University; Amanah Asri dari Kementerian Dalam Negeri; H.M. Faisal Kepala Kebudayaan, Pariwisata, dan Komunikasi Provinsi Samarinda; dan beberapa penari profesional dari tarian Nona Asri Nusantara Folklore.

Selama festival, para penari tersebut harus melakukan empat tarian tradisional disaksikan oleh ribuan masyarakat lokal dan Walikota Saray. Penonton memberikan tepuk tangan yang meriah untuk para penari Indonesia karena mereka melihat tarian yang unik, eksotis, dan memesona. Penari lainnya dari negara-negara lain juga mengucapkan selamat kepada para penari Indonesia dan mereka ingin melihat lebih banyak tarian.

Pada tanggal 16 Juni diselenggarakan Malam Budaya Indonesia di mana semua peserta harus mencicipi beberapa masakan Indonesia, membeli beberapa kerajinan tradisional, menikmati pertunjukan live, dan bahkan berfoto dengan penari President University.

Selain tampil pada International Saray Spring and Cultural Festival 2014, para mahasiswi tersebut juga mengunjungi beberapa tempat pariwisata terkenal di wilayah tersebut, seperti Laut Hitam, Hagia Sophia (Aya Sophia), Blue Mosque, Grand Bazaar, dan tempat menarik lainnya.

Dua hari sebelum mereka kembali ke Indonesia, para mahasiswi tersebut diajak mengunjungi Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Istanbul. Mahasiswi yang mengambil jurusan program studi Hubungan Internasional mendapat kesempatan untuk mewawancarai Konselor tentang peran Konsulat Jenderal dan kemungkinan untuk belajar dan bekerja di Turki. KJRI juga memberikan sertifikat penghargaan kepada Jhanghiz Syahrivar dan semua delegasi dari President University untuk berpartisipasi dalam festival atas nama Indonesia.