BUMN Cina, MCC, Berminat Bangun Sarana Olahraga di Papua

0
359

Sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Metallurgical Corporation of China Limited-China 22 (MCC), menyampaikan keinginannya untuk turut bekerjasama dalam pembangunan di Indonesia, khususnya terkait rencana pembangunan sarana Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Papua.

Chairman of the Board MCC, Yulong Li memaparkan profil MCC sebagai BUMN RRT yang tergabung ke dalam Fortune Global 500 Company, yang melakukan engineering, procurement and construction(EPC) pada berbagai proyek di RRT dan di berbagai negara. “MCC melakukan kegiatan usaha di bidang produksi peralatan konstruksi, pembangunan sektor properti, pengembangan sumber daya alam, penyediaan jasa konstruksi dan penyewaan peralatan konstruksi,” kata Yulong Li.

Ia menyebutkan, MCC telah memperoleh sejumlah penghargaan dalam bidang pembangunan properti, metalurgi, pekerjaan umum, instalasi peralatan elektro-mekanik, perbaikan peralatan, pekerjaan pembangunan fondasi, struktur baja, tungku pembakaran, instalasi pipa, jalan raya, pertambangan, kelistrikan, petrokimia dan desain arsitektur gedung. “MCC memiliki 2 (dua) kawasan industri di kota Tangshan yang mampu memproduksi 350.000 ton besi baja setiap tahun untuk memenuhi kebutuhan industri dan pembangunan gedung. Selain itu,MCC telah memiliki pengalaman membangun sejumlah gedung di sejumlah kota besar di RRT, termasuk kompleks olahraga olimpiade di Beijing,” papar Yulong Li.

Dubes RI Beijing Imron Cotan menyampaikan Papua merupakan propinsi dengan wilayah yang luas dan memiliki sumber alam yang besar dan kaya. “Papua diproyeksikan oleh pemerintah RI menjadi salah satu daerah industri pertanian khususnya lumbung pangan, yang diharapkan mampu mensuplai bahan makanan ke wilayah Indonesia lainnya,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, Papua menghasilkan produk pertanian, kayu, bahan  tambang di antaranya emas, batubara, minyak dan gas bumi. Untuk mendorong dan mempercepat pembangunan, Pemerintah RI telah memutuskan penyelenggaraan PON tahun 2020 di Papua.

Mengingat kesuksesan penyelenggaraan Asian Games dan Olimpiade di Beijing tahun 2008, Dubes RI menyambut baik keinginan MCC apabila berminat untuk turut membangun sarana olahraga untuk PON di Papua. Dubes RI menyampaikan akan meneruskan keinginan MCC berpartisipasi dalam pembangunan sarana olahraga dalam PON tahun 2020 di Papua kepada Pemerintah RI dan Pemerintah Provinsi Papua pada kesempatan pertama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 4 =