Bisnis . Event . Gaya Hidup . Headlines . Internasional . Nasional . TPP Indonesia . Siaran Pers

Batik Indonesia Masuk Kurikulum Sekolah Mode Venezuela

KBRI Caracas bekerja sama dengan sekolah mode terkemuka di Venezuela “Instituto Brivil” telah memasukan mata pelajaran pengenalan wastra batik Indonesia ke dalam kurikulum BRIVIL. Hal ini dilakukan dalam rangka mempromosikan ekonomi kreatif Indonesia khususnya batik sebagai wastra Indonesia dan mendorong adanya penggunaan wastra Indonesia dalam industri fashion di Venezuela.

Mata pelajaran dimaksud meliputi sejarah batik, filosofi batik, berbagai ragam batik dari berbagai daerah, motif batik dan cara menggunakan kain batik serta penggunaan batik dalam industri mode.

Selain itu KBRI Caracas meluncurkan inisiatif kompetisi merancang dengan batik untuk 37 siswa semester 5 dalam 3 kategori: busana cocktail wanita, busana kantor wanita dan busana pria.

Tujuan kompetisi ini untuk meningkatkan kerjasama dan untuk memperkuat ikatan persahabatan antara kedua negara melalui fashion dan budaya. Kompetisi dimaksud juga merupakan upaya KBRI Caracas untuk mempopulerkan tekstil Indonesia sebagai pilihan dalam berbusana di Venezuela. Sebelumnya, Dubes RI Caracas, Prianti Gagarin Djatmiko-Singgih telah memberikan 4 kali kuliah pendalaman materi mengenai batik kepada para mahasiswa Brivil.

Pada 11 – 12 Juli 2013, Dubes RI Caracas bersama staf telah menghadiri fitting busana batik pria dan wanita untuk ketiga kategori tersebut. Dari rancangan desain busana batik yang ditampilkan tercermin dinamika dan kreatifitas para mahasiwa dalam menggunakan batik tekstil motif dan batik  menjadi suatu rancangan busana yang mewah dan chic.

Kompetisi desain Batik itu sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2013. Panelis juri pada kompetisi dimaksud terdiri dari berbagai kalangan antara lain media, perwakilan dari fashion industries serta perancang Venezuela dan Indonesia.

Diharapkan dengan pemahaman yang lebih baik tentang batik sebagai salah satu wastra Indonesia, dapat meningkatkan apresiasi publik Venezuela terhadap batik sebagai warisan budaya Indonesia. Pada tahun 2009, batik Indonesia secara resmi telah diakui UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak-benda Kemanusiaan.

Email
Redaksi : inggit[at]thepresidentpost.com
Informasi : sales[at]thepresidentpost.com
Pemasangan Iklan : ulfah[at]thepresidentpost.com

Comments are closed.