| Bisnis | Event | Gaya Hidup | Headlines | Internasional | Nasional | TPP Indonesia | Siaran Pers |

Unpad Buka S1 Ilmu Politik

Tahun ini, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjadjaran (Unpad) membuka satu program studi (prodi) baru untuk jenjang sarjana, yakni Ilmu Politik. Jurusan baru tersebut menyediakan kursi bagi 60 orang. 

Ketua tim pelaksana program studi Ilmu Politik, Mudiyati Rahmatunnisa, PhD., mengatakan bahwa program studi Ilmu Politik sebelumnya sudah dibuka, namun hanya untuk program Magister dan Doktor.

“Kalau diibaratkan, Ilmu Politik di Unpad itu seperti pohon, tapi dasarnya belum ada. Oleh karena itu, pembukaan program studi Ilmu Politik untuk S1 bertujuan untuk menyambungkan pohon tersebut,” ujar Mudiyati, Jumat (01/03).

Selain itu FISIP Unpad juga sudah membuka program studi Ilmu Pemerintahan karena menurut Mudiyati Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan punya orientasinya masing-masing.

“Ilmu Pemerintahan pada dasarnya memiliki orientasi yang berbeda, tapi induk ilmunya ialah tetap pada Ilmu Politik,” jelas Mudiyati.

Ia menambahkan saat ini pihak Unpad sedang memperkuat visi misi, kurikulum, mata kuliah, konsentrasi keilmuan, dan kompetensi lulusan untuk Ilmu Politik.

Perumusan tersebut masih akan di-benchmark dengan sistem yang ada. Selain itu, konsentrasi pada Ilmu Politik di Unpad pun akan memiliki ciri khas dan berbeda dengan program studi Ilmu Politik di perguruan tinggi lain, seperti di Universitas Indonesia (UI) atau Universitas Hassanudin (Unhas) Makassar.

“Jika di UI misalnya, Ilmu Politik di sana berkonsentrasi pada kawasan Asia Tenggara, maka kami merencanakan akan berkonsentrasi pada kawasan Asia Pasifik,” ungkap Mudiyati. Ia menambahkan dengan adanya konsentrasi tersebut,  Ilmu Politik di Unpad memiliki ciri khas.

Terkait dengan daya tampung, kuota 60 tersebut terdiri dari 36 orang untuk jalur SNMPTN, dan sisasnya dari jalur SBMPTN. Masa studi untuk lulus kuliah di prodi Ilmu Politik Unpad yakni 3,5 tahun.

“Kita masih mengonsep berapa jumlah mata kuliah yang ada. Namun, ada rencana sekitar 36 mata kuliah dengan total 144 SKS. Finalisasinya sekitar bulan Mei,” kata Mudiyati.

Untuk kompetensi lulusan dari segi linearitas kelimuan, lulusan Ilmu Politik Unpad dapat menjadi akademisi, peneliti, aktivis, birokrat, hingga diplomat. Gelar yang akan didapat oleh lulusan Ilmu Politik Unpad ialah S.IPol.

Comments are closed.