Tiket Candi Borobudur Kini Tersedia Online!

Berkunjung ke Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Ratu Boko kini lebih mudah dengan diluncurkannya sistem reservasi dan pembelian tiket online.

Menurut Dirut TWC Purnomo Siswoprasetjo, wisatawan mancanegara telah terbiasa memanfaatkan sistem online untuk pemesanan tiket dan reservasi tempat. Oleh karena itu, untuk memudahkan wisatawan dalam melakukan reservasi dan pembelian tiket, PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko mengenalkan implementasi “Online Reservation & Ticketing”.

Untuk tahap awal reservasi dan pembelian tiket ini masih ditujukan untuk wisman sementara untuk wisatawan domestik baru bisa terlayani pada akhir tahun 2013. ‘’Kami ingin memberikan kemudahan kepada wisman yang berkunjung ke Yogyakarta khususnya ke tiga candi tersebut. Untuk tahap awal masih untuk wisman, namun diperkirakan akhir tahun 2013 sudah bisa melayani wisatawan domestik,’’ kata Dirut TWC Purnomo Siswoprasetjo di Jakarta, Rabu (12/12).

Dikatakan, dengan adanya pembelian tiket dan reservasi online ini, diharapkan akan meningkat jumlah wisman yang berkunjung ke Yogyakarta dan Jawa Tengah. Khusus untuk wisman ke Borobudur, mencapai 250 ribu orang. Sementara untuk Candi Prambanan wisman yang berkunjung sebanyak 160 ribu orang.

Dijelaskan, dengan sistem online ini wisatawan dapat melakukan reservasi melalui travel agent Abacus untuk semua produk Taman Wisata Candi seperti Wisata Candi Borobudur, Wisata Candi Prambanan, Wisata Ratu Boko, Sunrise di Borobudur, Sendra Tari Ramayana di Prambanan, Sunset di Ratu Boko, dan lain sebagainya. Implementasi online reservasi dan tiketing ini TWC menggandeng PT Abacus Indonesia.

Menurut Managing Director PT Abacus Distribusi System Indonesia, Iswandi Said, saat ini Abacus memiliki jaringan 12.000 travel agent tersebesar di seluruh Indonesia. Wisatawan asing bisa datang ke travel agent di negaranya untuk langsung memesan tiket masuk ke candi-candi tersebut. Pemesanan tiket ini berlaku untuk perorangan dan kelompok. Kemudian, mereka akan mendapatkan tanda bukti pemesanan tiket masuk.

Tanda bukti tersebut bisa dicetak atau bisa juga disimpan di dalam ponsel atau tablet. Lalu tinggal ditunjukkan di pintu masuk candi yang akan dituju.

Comments are closed.